PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat
  • Renni Ramadhani Lubis STKIP Al Maksum Langkat
  • Bella Puspita Sari STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tema VII materi Gaya Magnet di SDN 056633 Kecamatan Gebang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasi terdiri dari 3 kelas paralel.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen I, VB eksperimen II, dan VC sebagai kontrol.Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan berganda dan uraian. Hasil analisis data diperoleh model problem based learning (masalah dari siswa) lebih baik dari model problem based learning (masalah dari guru) dan model direct instruction; (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (siswa) memperoleh nilai rata-rata 87,50 lebih baik dari; (2) model PBL(guru) dengan rata-rata 80,60 dan; (3) pembelajaran dengan model direct instruction dengan rata-rata 72,40.

Published
2020-04-17